Friday, February 23, 2018

Mengembangkan Bisnis seperti Bermain Game SimCity

SimCity Build It

Mas Awistaros, supaya usahanya cepat berkembang, kami dari bank mau menawarkan pinjaman lunak untuk usaha, bisa capai satu M kalau njenengan mau. Gimana mas saya bantu memproses ya...

Salah satu rekan di salah satu bank BUMN menawarkan (lagi) ke saya pinjaman kredit usaha. Dulu saya pernah sekali meminjam di bank, untuk usaha Awistaros Homeland, salah satu usaha favorit saya yaitu pengembangan properti kecil-kecilan. Ya dibilang kecil karena bukan mengembangkan perumahan, tetapi hanya rumah tinggal minimalis modern dengan jumlah hanya 1-2 unit di sekitaran Yogyakarta.

Namun, sejak saya belajar dan merasa bodoh plus malas karena baru kali itu memahaminya, saya mulai mengubah jalan pikiran dan jalan hidup. Betul, saya sekeluarga meniatkan hati untuk hijrah meninggalkan riba. Di dalam ajaran agama kami, jelas bahwa riba dan segala sesuatu terkaitnya dilarang oleh Allah SWT. Bukannya semakin maju, justru merasa semakin kekurangan. Dan itu yang saya rasakan, padahal dana besar di tangan bukan?

Allah maha pengasih, maha penyayang
Dan setelah belasan tahun menjalani pengalaman berharga di dunia usaha, terbersit suatu kesimpulan kecil yang saat ini menjadi peneduh hati dan jiwa saya.

Berusahalah tanpa riba. Ini perintah untuk diri saya pribadi.
Bagi startup, mulai dengan modal seadanya, sama persis ketika bermain game membangun kota seperti halnya SimCity, Township, Paradise City Island Sim Bay, dan sebagainya (game wajib di gadget saya hehe...)
Dalam game tersebut, kita hanya diberi modal dana (dan emas) terbatas untuk bisa membangun 1-2 unit properti saja. Waktu akan membantu kita untuk mendapatkan pendapatan dari pengelolaan properti tersebut.

Demikian juga dengan usaha. Dengan tekad yang benar sebagai wirausaha, kita sebaiknya bersabar dengan terus mengoptimalkan modal yang ada. Sekali lagi waktu yang akan memberikan jalan bagi pendapatan-pendapatan kita.

Namun, bila kita termasuk orang yang mengerti bisnis, dan tidak sabar dengan lambatnya laju di awal periode, maka bisa saja kita memanfaatkan investor sebagai pengungkit usaha, dengan sistem bagi hasil non riba. Untung dibagi bersama, rugi pun juga.

Insya Allah, lebih aman secara lahir dan batin, serta menjaga keberkahan dari langkah kaki kita dalam menjemput rejeki yang Allah sebar di muka bumi ini. Allah maha pengasih, maha penyayang. Mari kita kembali ke jalan yang sudah ditunjukkan Allah melalui rasulNya, yang tertulis dalam kitabullah penuntun jalan hidup kita sekeluarga menuju terang dunia dan akhirat...aamiin yaa rabbalalamin.

No comments:

Post a Comment

Cara Menentukan Tema Channel bagi Youtuber Pemula

Hai halo youtube mania, para content creator , dan pemirsa youtube. Assalamualaikum. Video ini diproduksi dan diupload saat pandemi covid-1...