Tuesday, August 8, 2017

Dunia Bisnis adalah Medan Perang

MEMBANGUN KERAJAAN BISNIS MEMANG GAMPANG-GAMPANG SUSAH


(Ismail, 2012)


Pertanyaan yang mungkin akan timbul di benak kita "Kalau dunia bisnis adalah medan peperangan, mengapa banyak orang mau ikut di dalam peperangan?"
Jangan bingung... Bisnis adalah sesuatu yang sangat menarik, bahkan susah untuk dijelaskan dengan kata-kata.


Motivator ternama Tung Desem Waringin menyampaikan bahwa wajar jika semua orang mau berbisnis. Karena, dari hasil penelitian terhadap 100 responden:
  • 74% orang kaya berasal dari pebisnis,
  • 10% orang kaya dengan menjadi prefesional di bidangnya,
  • 10% orang kaya dengan menjadi karyawan sebagai top level management,
  • 6% orang kaya karena bidang lainnya (warisan, hibah, hadiah, dll.),

Dari data di atas sepertinya cukup menjawab pertanyaan banyak orang yang ingin berperang dalam medan bisnis walaupun membutuhkan pengorbanan. Selayaknya dari fakta tersebut dapat disimpulkan bahwa kenyamanan hanya dapat dicapai melalui dunia bisnis. Zainuddin MZ berkata, "hidup adalah perjuangan dan perjuangan membutuhkan pengorbanan. Jika Anda tidak mau berkorban maka jangan hidup". Oleh karenanya, wajar jika banyak orang tergiur untuk masuk ke dunia bisnis walaupun berat karena mereka beranggapan bahwa perjuangan adalah bagian dari kehidupan yang mau tidak mau harus dihadapi.

Meskipun dunia bisnis membutuhkan pengorbanan, tetapi banyak orang mau ikut berjuang dan berkorban. Baik bisnis atau karir, keduanya pasti memiliki akhir cerita yang berbeda-beda. Namun, garis besarnya impian semua orang sama, yaitu ingin memiliki suatu kehidupan yang baik. Garis besar dari mimpi indah menjadi seorang pebisnis adalah sebagai berikut:
  1. Tidak ada yang membatasi penghasilan yang akan didapat,
  2. Bukan waktu yang menguasai pebisnis, tetapi pebisnis yang menguasai waktu,
  3. Hidup pebisnis bukan ditentukan oleh orang lain, tetapi pebisnis sendiri yang menentukannya,
Itulah ketiga impian utama yang dijanjian oleh pilihan hidup yang dinamakan wiraswasta. Menarik bukan? Semua itu akan terbukti dan diraih oleh pebisnis sukses dan tidak akan diraih oleh pekerja sukses.

Disunting 14 April 2014
Awistaros A.S.
Sumber Pustaka:
Ismail, H.I. 2012. Langkah Sukses Menjadi Peternak Domba & Kambing secara Otodidak. Penebar Swadaya. Jakarta.

No comments:

Post a Comment

Cara Menentukan Tema Channel bagi Youtuber Pemula

Hai halo youtube mania, para content creator , dan pemirsa youtube. Assalamualaikum. Video ini diproduksi dan diupload saat pandemi covid-1...